Fakta Unik Jejepangan [Bagian 1]

 A. Anime

 

Anime diambil dari kata animation atau disebut animeshon oleh orang Jepang yang secara bebas disebut kartun dalam bentuk film animasi. Sementara itu komik Jepang disebut man'ga (dibaca mangga). Sebagian besar anime mengadaptasi man'ga.

 

Anime punya banyak sekali genre, kebanyakan yang kita tahu anime hanya untuk anak kecil, padahal sebetulnya di sana anime banyak sekali dikonsumsi oleh orang dewasa. Bahkan, film porno versi anime pun banyak sekali macamnya. Lantas, ada enggak sih anime yang aman di tonton anak-anak? Yap! Di antaranya ada Pokemon, Digimon, Dragon Ball, Sailor Moon, Boruto dan Doraemon. Anime ini adalah jenis animasi yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

B. Bento

 

Kalau dengar bento pasti sebuah restoran muncul dibenak kita. Tapi kamu tahu enggak kalo bento itu sebetulnya memiliki arti yang sesungguhnya? Bento atau 弁当 (べんとう dibaca bentou) adalah makanan yang terdiri atas nasi, lauk pauk, sayur/salad, dan buah yang disajikan dalam wadah makanan dan biasanya dijadikan bekal untuk makan siang. Namun, seiring berjalannya waktu bento tidak melulu berisi nasi dan lauk pauk, melainkan lebih variatif seperti pasta, kentang, roti yang ditemani oleh makanan yang sesuai.

Bagi emak-emak di Jepang, menyiapkan bento untuk anak dan suami adalah suatu kebiasaan. Para ibu ini mengerahkan seluruh daya dan upayanya untuk membuat bento terlihat menarik dan tidak membosankan. Kebanyakan dari mereka sampai menghias bentonya, lho!


C. Capsule Hotel

 

Karena hotel Jepang terkenal mahalnya, maka hotel kapsul ini adalah solusinya, Minasan! Hotel yang sangatlah efisien dan mungil mengambil konsep dari kamar mayat, lho! Sistem hotel kapsul ini benar-benar seperti ruang jenazah dengan ukuran lebih luas. Di dalamnya terdapat loker dan kamar mandi bersama seperti hostel dan guest house.

 

Karena memang bernama kapsul, tiap kamarnya seperti peti yang rata-rata berukuran lebar 1 meter, tinggi 2 meter dan tinggi 80 sentimeter. Walau terlihat sempit, tapi di dalamnya sangatlah sejuk karena di setap kapsulnya ada penyejuk udara, TV mungil, lampu baca, kasur, bantal, selimut dan rak kecil. Sayangnya, ada alasan yang kurang pasti mengapa kapsul hotel ini kebanyakan hanya diperuntukkan bagi para pria. Kalaupun ada yang menerima tamu wanita, biasanya lantainya harus terpisah dan memiliki akses khusus untuk menuju area tersebut.


D. Donburi

 

Pernah enggak sih kamu ke restoran Jepang di Indonesia dan menemukan istilah donburi? Ya! Donburi adalah sebutan nasi putih yang diletakkan di dalam mangkuk lalu ditambahkan dengan berbagai lauk di atasnya. Jika nasi putih tersebut ditemani daging sapi ala Jepang, maka istilahnya disebut gyudon. Kalau ditemani oleh tempura, maka jadi tendon. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tetapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin. Hampir semua menu Jepang yang memiliki akhiran -don selalu ada nasi putihnya, lho!

 Menurut budaya Jepang sendiri yang dikenal sejak zaman dulu, nasi putih harus dihidangkan di dalam mangkuk kecil dengan lauk yang diletakkan di piring terpisah. Makan nasi dengan lauk yang ditaruh di atasnya dianggap tidak sopan, sehingga cara makan dengan meletakkan nasi dalam porsi besar beserta di dalam mangkuk donburi dianggap melanggar aturan.

Donburi dianggap makanan yang praktis karena nasi sudah dihidangkan bersama lauk pauk, sedangkan kuahnya meresap ke dalam nasi sebagai kelezatan itu sendiri. Di Jepang, Donburi dianggap sebagai makanan rakyat karena tidak perlu mematuhi segala macam etiket makan.


E. Edo (Old Tokyo)

 

Masih inget kan ibukota negara Jepang? Nah, dulu ibukota Jepang adanya di Kyoto selama hampir seribu tahun. Secara harfiah, kyoto adalah western capital atau ibukota di wilayah barat. Nah, setelah tahun 1868, ibukota Jepang dipindahkan ke Tokyo yang secara harfiah berarti eastern capital atau ibukota di wilayah timur.

Ternyata sebelum Tokyo, nama ibukota ini adalah Edo! Kota Edo ini dimulai dari tahun 1457 hingga Kaisar Meiji pindah ke Edo. Kota Edo ini dulu menjadi pusat politik dan kebudayaan Jepang itu sendiri lho, minasan!


Wah, semakin mengenal Jepang, ya! Sekarang mari kita ikuti kuis ini di sini.

Comments

Popular posts from this blog

Pacaran Meningkatkan Semangat Belajar?

Simple Past Tense Exercise