TERBUKTI! 5 Cara Menghasilkan Uang di Fiverr - Personal Experience

Mencari uang di dunia internet semakin lama banyak yang bisa diakses. Salah satunya dengan cara menjadi pekerja lepas. Banyak sekali wadah yang menampung kemampuan dan bakat kita di website global yang tepercaya, salah satunya adalah Fiverr. Tidak ada cara terbaik untuk memulainya, melainkan bertanya:

1. Apa yang dibutuhkan di Fiverr?

2. Kemampuan apa yang saya miliki?

Banyak sekali layanan yang Fiverr berikan seperti graphic design & illustration, digital marketing, writing & translation, music & audio, programming & tech, business, lifestyle, dan industries. Silakan pilih sesuai kemampuan yang kamu miliki. Saya sendiri bermain di ranah desain grafis dan ilustrasi sejak SMA, sehingga saya tidak perlu susah-susah mau memilih menjadi apa.

Awal saya bermain di Fiverr karena iseng-iseng. Karena sebelumnya saya bekerja sebagai reviewer di Linguistic Tanx, salah satu perusahaan Kanada yang bekerja sama dengan Google dibidang transkripsi. Saat itu saya memutuskan untuk membuat layanan ilustrasi. Sampai sekarang ternyata bermain Fiverr cukup menjanjikan, tentunya diiringi dengan kemampuan dan konsistensi yang dilatih terus-menerus. Beberapa senior saya bahkan memiliki penghasilan $1000-$2000 per bulan hanya dari menggambar buku anak. Luar biasa!

Oleh karena itu, saya ingin sekali berbagi pengalaman dan merangkum 5 tips cara menghasilkan uang di Fiverr. Check this out!

 

1. JANGAN ABSEN CEK BUYER REQUEST 24 JAM 7 HARI!

Sebelum memasuki level 1, kamu tidak akan sering melihat tawaran pekerjaan yang dipos oleh para klien di seluruh dunia. Tapi, harusnya tidak menutup semangat kamu untuk terus memeriksa tawaran apa saja yang tersedia di sana. Jangan lupa periksa Gig kamu agar metadata dan tag-nya sesuai dengan kemampuan kamu karena itu cukup berpengaruh pada seberapa banyak tawaran yang muncul di Buyer Request.

Selain itu, gunakan Buyer Request untuk meningkatkan impressions dan click di Gig kamu. Impression itu adalah sebanyak apa konten kamu muncul di pencarian atau di halaman web, sedangkan click muncul saat para calon pembeli melihat lalu mengklik galeri Gig kamu. Fungsinya apa? Impression akan membuat Gig kamu populer, sedangkan click akan membuat kesempatan kamu semakin meluas untuk dipilih. Keduanya saling berkesinambungan sehingga algoritma di Fiverr secara tidak langsung akan mengangkat kamu agar banyak klien yang datang.

Jadi, prosesnya begini:

a. Kamu buat Gig yang sesuai dengan kemampuan kamu

b. Lalu, muncul pekerjaan aktif yang bisa kamu tawarkan. Send offer!

c. Klien bisa dipastikan akan memilih layanan dari sekian banyak orang yang menawarkan, termasuk kamu sehingga kamu kemungkinan mendapatkan impressions dan clicks.

d. Algoritma Fiverr memfiturkan Gig kamu di laman promosi.

e. Klien akan berdatangan.

Jangan pernah absen memeriksa Buyer Request. Unduh dan pasang aplikasinya lewat Google Playstore agar kamu dengan mudah memeriksanya lewat gawai cerdas kamu. Bagian terberat para Fiverr seller pemula adalah di sini, jadi pastikan kamu memiliki semangat konsistensi yang bagus dalam hal ini.

"Usaha mana yang tega mengkhianati hasil"


2. KEKUATAN SOSIAL MEDIA

Sosial media akan bekerja kemungkinan besar di pasar global. Jika menggunakan Instagram, gunakan tagar yang mendunia agar bukan orang-orang Indonesia saja yang melihat. Dan sepertinya memang orang Indonesia agak lumayan segan mencari layanan lewat Fiverr. Jadi, kamu bisa jadikan kesempatan ini untuk mencari pasar global.

Setelah kamu membuat Gig, bagikan! Setelah mendapat ulasan dari klien, bagikan! Sebulan empat kali, bagikan! Terus bagikan Gig dan profil Fiverr mu agar dapat perhatian publik. Masuki forum-forum global di Facebook lalu promosikan Gig kamu. Kerahkan semua fitur-fitur sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, WhatsApp, Telegram, LinkedIn, YouTube dan sebagainya.

Dalam pengalaman saya, saya terbiasa memposting hasil pekerjaan saya di Instagram dan LinkedIn, sedangkan di Facebook saya gunakan untuk memposting Gig lewat konten YouTube tentang prosesnya yang saya buat.

"Broadcast yourself!"

3.MANFAATKAN ULASAN KLIEN

Setelah dari sekian banyak proyek yang kamu kerjakan, kamu akan memiliki banyak ulasan. Usahakan proyek yang kamu kerjakan memiliki tingkat kepuasan yang baik sehingga klien tak segan memberikan ulasan positif. Semakin banyak ulasan positif yang kamu terima, semakin lebar kesempatan yang kamu dapatkan. 

Memang, ini tergantung dari pekerjaan kamu sebelumnya, jika kamu memiliki ulasan yang buruk, maka risikonya adalah kredibilitas kamu. Tapi, jika kamu memiliki ulasan bintang lima berturut-turut hasil dari kerja keras kamu, maka kamu akan dipromosikan Fiverr dengan baik.

Lebih jauh lagi, jangan pernah takut untuk mendapatkan penilaian yang buruk, semua seller pernah mengalaminya. Tetap usahakan yang terbaik apalagi dari sektor Response Rate, Order Completion Rate, On Time Delivery. Untuk menjaga stabilitas ketiganya, kamu wajib merespon dengan segera pesan-pesan klien, mengirim pekerjaan kamu sebelum tenggat waktu habis, dan menjaga pesanan tetap selesai.

Pengalaman terburuk saya sejauh ini, karena saking banyaknya pesanan sampai-sampai saya lupa untuk mengirim hasilnya sebelum tenggat waktu, alhasil rating jadi berkurang.

4. HUBUNGI KLIEN SEBELUMNYA

Mencari uang di Fiverr tidak semudah membuat Gig lalu menunggu pesanan, ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilalui. Saat itu, beberapa strategi telah saya gunakan. Beberapa hari saya tidak mendapat pesanan, stres sudah mulai merambat di pikiran, namun saya tidak boleh kehilangan akal. Untuk bertahan hidup di Fiverr, kamu juga perlu menghubungi klien-klien yang sebelumnya pernah kamu ajak kerja sama. Ini sangat terbukti ampuh!

Beruntung jika kamu pernah bekerja dengan orang-orang yang self-publisher, mereka pencari talents yang bisa diajak bekerja sama sehingga kamu kemungkinan memiliki kesempatan yang sama lagi.


5. ATUR SEGALANYA

Bekerja sebagai freelancer bukan berarti bekerja sendiri, kamu terhubung dengan orang-orang dengan luas secara profesional. Tidak peduli kamu masih seorang pelajar atau pensiun, selama kamu masih mencoba produktif, kamu bisa mencoba di Fiverr. Apa saja yang perlu diatur?

a. Sebelum memasarkan layanan, kamu wajib mengatur Gig, jadwal dan jam kerja, kesanggupan kamu menerima pesanan, cover letter atau proposal yang hendak dikirim ke klien, portofolio & galeri, QnA untuk membantu klien, layanan minor apa yang sanggup kamu berikan, dan sebagainya. Buat segalanya menjadi semenarik mungkin dengan tujuan klien akan tertarik kepada kamu.

b. Setelah memiliki Gig dan proyek yang sedang dikerjakan, kamu perlu mempelajari brief yang diberikan oleh klien. Pahami baik-baik dan cermati dengan teliti. Jangan bawa budaya Indonesia yang malas membaca itu, yang katanya tingkat literasinya rendah, JANGAN! Buktikan kalau kamu mampu menganalisa project brief dengan baik. Tak sedikit klien yang menguji kita dengan menyelipkan minigame untuk mengetahui apakah kita membaca secara detail atau hanya main scroll saja. Banyak klien yang akan memuji kita jika komunikasi lancar dan mudah memahami apa yang diberikan oleh klien.

Atur jadwal kerjamu, berikan kesepakatan berapa banyak revisi yang sanggup kamu kerjakan, atur kemampuan kamu mengerjakan revisi sesegera mungkin. Semakin segera kamu mengerjakan revisi, semakin tinggi tingkat kepuasan klien terhadap layananmu.

c. Atur strategi penjenamaan diri atau personal branding di sosial media sehingga cara ini bisa memudahkan kamu untuk menjadi penyintas tangguh sebagai pekerja lepas di Fiverr. Ada, lho, yang tidak bermain Fiverr, tapi tetap dapat pesanan dari luar negeri hanya bermodalkan Instagram. Teman saya ada yang dengan rapi memposting ilustrasi lucu di Instagram dengan gaya ilustrasi yang persisten. Walau memang dinilai berisiko, tapi artinya kita tidak boleh menjadi konten kreator di satu platform saja.

Itulah 5 Cara yang sudah terbukti dapat mendatangkan penghasilan yang layak. Sabar adalah koetnji! Oh, ya kalau penasaran seperti apa profil saya boleh cek di sini.

Jangan lupa juga cek postingan Konektivitas Antara Impian dan Cara Pandang!


Comments

Popular posts from this blog

Pacaran Meningkatkan Semangat Belajar?

Simple Past Tense Exercise