Modul Ajar Bahasa Inggris 2024 - Descriptive Text Kelas Fase E (Kelas X)
PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU
PILOTING III 2024
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA
MODUL AJAR
FASE E BAHASA INGGRIS
MATERI : DESCRIPTIVE TEXT
INFORMASI
UMUM |
I. IDENTITAS MODUL
Nama Guru : Sastra Noer Qalam, S. S
Satuan Pendidikan : SMKN 1 Cikarang Utara
Kelas / Fase : X (Sepuluh) / E
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Prediksi Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Tahun Pelajaran :
2024 / 2025
Dimensi CP : 1. Menyimak-Berbicara (Listening-Speaking)
2.
Membaca-Memirsa (Reading-Viewing)
3. Menulis-Mempresentasikan (Writing-Presenting)
II. KOMPETENSI AWAL
·
Siswa telah memahami tentang
bagaimana menyusun sebuah
frase dan kalimat.
·
Siswa telah memahami
cara mendeskripsikan orang, benda dan tempat.
III. PROFIL PELAJAR PANCASILA
·
Beriman, Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
·
Berkebhinekaan global
·
Gotong royong
·
Mandiri
·
Bernalar kritis
·
Kreatif
IV. SARANA DAN PRASARANA
Pembelajaran menggunakan media seperti llaptop, proyektor, video, audio, HP, jaringan internet, pelantang.
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal, umum, tidak ada kesulitan
dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Menggunakan pendekatan berbasis penemuan (Discovery-Based
Approach)
2. Model : Berdiferensiasi
3.
Metode : Ceramah,
Diskusi terbimbing, pembelajaran kooperatif, tugas.
VII. SUMBER
BELAJAR
1.
Herman
Benyamin. (2011). Advanced Learning English Grade X Senior High School. Bandung:
Penerbit Grafindo.
2.
Video YouTube
dengan tautan sebagai berikut:
https://youtu.be/euajeN0KFhE?si=Mrf-zEmKyKYlj1O6
https://youtu.be/M_sA2CpDyBc?si=u_Jawu6aQFRk_zqN
3.
Artikel
Internet tentang Descriptive Text
10 Contoh Descriptive Text Beserta
Struktur & Artinya
4.
Quizziz
KOMPONEN
INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
a.
Peserta didik mampu
menganalisis fungsi sosial, struktur, dan ciri-ciri kebahasaan Descriptive
Text sesuai konteks penggunaannya.
b.
Diberikan serangkaian flashcards untuk menambah kosakata,
lalu dibuat soal latihan melalui Think-Pair-Share, peserta didik mampu
menyusun kalimat dasar Teks Deskripsi dengan tepat.
II.
PEMAHAMAN BERMAKNA
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik mengetahui:
a.
Penggunaan jenis teks dsekripsi dalam kehidupan sehari-hari
b.
Dalam pekerjaan, teks deskripsi bermanfaat.
c.
Teks deskripsi
digunakan untuk menjelaskan ciri-ciri fisik
orang, benda dan tempat
III.
PERTANYAAN PEMANTIK
·
What do you see in the picture?
·
Who is your favorite place?
·
What do
you like from the place?
·
Can you describe (with 3 words) your favorite
place?
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Konten Pembelajaran |
A.
Kegiatan
Pendahuluan |
||
Kegiatan Pendahuluan |
25 Menit
|
1.
Guru masuk kelas tepat waktu dan
mengucapkan salam untuk menumbuhkan karakter disiplin dan religious. 2.
Guru menanyakan kondisi peserta didik
hari ini. (KSE-Kesadaran Diri) 3.
Guru meminta perwakilan siswa untuk
memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai. Untuk menumbuhkan karakter
religius. 4.
Guru menginstruksikan kepada peserta
didik untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum memulai pembelajaran untuk
menumbuhkan karakter peduli lingkungan. 5.
Guru mengisi agenda kelas dan
mengabsen peserta didik untuk penumbuhan karakter disiplin dan karakter
peduli sosial. |
Apersepsi |
|
6. Peserta didik
menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan
dengan pengalamannya sebagai bekal pelajaran berikutnya. 7. Guru
memberikan informasi mengenai kompetensi, materi, tujuan pembelajaran. 8. Guru
memberikan icebreaking yang relevan dengan materi sebelum pelajaran
inti dimulai. |
B.
Kegiatan Inti |
||
Kegiatan Inti |
60 Menit
|
PEMBELAJARAN
DIFERENSIASI (KONTEN) Guru
menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman peserta
didik 1.
Memberikan pertanyaan pemantik berdasarkan gambar · What
do you see in the picture? · Where is this place? · What do you like from this place? 2.
Guru memastikan peserta didik memahami
tujuan dari pembelajaran 3.
Guru kemudian menyampaikan pengantar materi
tentang Descriptive Text melalui presentasi dan membagikan video materi untuk
dipelajari: https://www.youtube.com/watch?v=Fdl8WLeTy3o 4.
Guru meminta tanggapan dari peserta didik atas video
yang baru disimak. 5.
Selanjutnya, guru menjelaskan lebih lanjut apa yang
seharusnya dibahas di dalam teks deskripsi 6.
Dalam memperluas kosakata, lewat Flashcard dari Quizziz dan
latihan menggunakan metode Think-Pair-Share, peserta didik diharapkan dapat
memperluas kosakata bahasa Inggrisnya. 7.
Peserta didik melakukan kuis agar memperkuat memori
dari kosakata yang baru dipelajari. Pertama lewat kuis dari Quizziz, kedua
lewat soal-soal latihan yang sudah dicetak lembaran. 8.
Lalu, guru memberikan latihan ringan sebagai pemanasan
sebelum memasuki tugas inti. 9.
Setelah itu, guru memberikan
contoh video yang mendeskripsikan suatu tempat dalam bentuk vlog. Dalam
keseharian, deskriptif teks bisa dalam media apapun termasuk vlog. 10. Peserta didik diminta untuk berkelompok berdasarkan
minat atau jenis tempat kesukaan mereka untuk mengerjakan tugas presentasi 11. Peserta didik
menyusun kalimat berdasarkan pola kalimat sesuai sesuai fungsi sosial,
struktur dan ciri-ciri kebahasaan. 12. Peserta didik
mempresentasikan hasil dari teks yang sudah di susun. |
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
1.
Siswa didampingi guru membuat
kesimpulan atas pembelajaran hari ini. 2.
Guru meminta kepada siswa untuk
menyampaikan refleksi, salah satunya meminta siswa secara subjektif
menyatakan apa manfaat terkait pembelajaran hari ini. 3.
Guru memberikan apresiasi kepada
seluruh siswa atas pembelajaran yang telah dilakukan. 4.
Guru menyampaikan materi untuk
pembelajaran berikutnya. 5.
Guru mempersilahkan salah satu siswa
untuk memimpin doa penutup. |
V. ASSESMENT
Assesment Non Kognitif |
1. Apakah
materi yang didiskusikan sudah cukup jelas? 2. Bagaimana
pendapatmu tentang materi ini? 3. Bisakah
kamu menjelaskan struktur teks, tujuan, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif? |
Assesment Kognitif |
LKPD (Terlampir) |
Assesment Formatif |
Menulis (Unjuk Kerja Penilaian) |
Assesment Sumatif |
Penilaian Akhir Semester |
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa
yang telah melampaui Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) berupa penambahan bacaan ataupun video dari
jenis teks serupa untuk memperkaya pengetahuan.
Remedial
Remedial diberikan kepada siswa yang belum melampaui Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) berupa pembelajaran ulang dan/atau asesmen ulang.
B.
BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK
DESCRIPTIVE TEXT
Pengertian Descriptive Text
Descriptive
Text adalah salah satu jenis text dalam Bahasa Inggris yang menggambarkan
dengan jelas sifat-sifat yang melekat
pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan mau pun benda mati. Tujuan dari teks ini adalah
memberikan informasi dengan jelas mengenai
objek yang digambarkan kepada pembaca.
Fitur Kebahasaan
Descriptive Text
•
Menggunakan Simple
Present Tense
Teks ini menggunakan
Simple Present Tense karena kita akan mendiskripsikan fakta- fakta yang melekat
pada suatu objek, dan salah fungsi dari Simple Present Tense sendiri adalah untuk menunjukkan suatu fakta atau kebenaran.
Misalkan kamu ingin mendeskripsikan mengenai tempat tidur kamu, kamu bisa
menggunakan kalimat:
The color of my bedroom is blue.
•
Menggunakan banyak
kata sifat (adjective).
Karena
fungsi dari teks ini adalah untuk memberikan informasi denganmenggambarkan suatu objek yang dideskripsikan, maka dalam Descriptive Text akan banyak dijumpai
kata sifat (adjective). Contohnya adalah big, small, colorful, dan lain sebagainya.
•
Menggunakan kata kerja penghubung (relating verb).
Relating verb adalah kata kerja yang memberikan penjelasan kepada kata benda yang menjadi subjek dari suatu kalimat. Contohnya: is, have, seem, appear, dan kata kerja lainnya.
Comments
Post a Comment