Modul Ajar Bahasa Inggris 2024 - Descriptive Text Kelas Fase E (Kelas X)

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU

PILOTING III 2024

UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA

 

 

MODUL AJAR

FASE E BAHASA INGGRIS

MATERI : DESCRIPTIVE TEXT

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Guru                             :    Sastra Noer Qalam, S. S

Satuan Pendidikan                 :    SMKN 1 Cikarang Utara

Kelas / Fase                            :    X (Sepuluh) / E

Mata Pelajaran                       :    Bahasa Inggris

Prediksi Alokasi Waktu         :    4 x 45 menit

Tahun Pelajaran                     :    2024 / 2025

Dimensi CP                            :    1. Menyimak-Berbicara (Listening-Speaking)

                                                           2. Membaca-Memirsa (Reading-Viewing)

3. Menulis-Mempresentasikan (Writing-Presenting)

 

II.   KOMPETENSI AWAL

·       Siswa telah memahami tentang bagaimana menyusun sebuah frase dan kalimat.

·       Siswa telah memahami cara mendeskripsikan orang, benda dan tempat.

III.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·       Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

·       Berkebhinekaan global

·       Gotong royong

·       Mandiri

·       Bernalar kritis

·       Kreatif

 

IV.  SARANA DAN PRASARANA

Pembelajaran menggunakan media seperti llaptop, proyektor, video, audio, HP, jaringan internet, pelantang.

 

V.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal, umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

VI.  METODE PEMBELAJARAN

1.     Pendekatan   : Menggunakan pendekatan berbasis penemuan (Discovery-Based Approach)

2.     Model           : Berdiferensiasi

3.     Metode          : Ceramah, Diskusi terbimbing, pembelajaran kooperatif, tugas.

 

VII.  SUMBER BELAJAR

1.     Herman Benyamin. (2011). Advanced Learning English Grade X Senior High School. Bandung: Penerbit Grafindo.

2.     Video YouTube dengan tautan sebagai berikut:

https://youtu.be/euajeN0KFhE?si=Mrf-zEmKyKYlj1O6

https://youtu.be/M_sA2CpDyBc?si=u_Jawu6aQFRk_zqN

3.     Artikel Internet tentang Descriptive Text
10 Contoh Descriptive Text Beserta Struktur & Artinya

4.    Quizziz

 

KOMPONEN INTI

 

      I.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.     Peserta didik mampu menganalisis fungsi sosial, struktur, dan ciri-ciri kebahasaan Descriptive Text sesuai konteks penggunaannya.

b.    Diberikan serangkaian flashcards untuk menambah kosakata, lalu dibuat soal latihan melalui Think-Pair-Share, peserta didik mampu menyusun kalimat dasar Teks Deskripsi dengan tepat.

    II.         PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah mempelajari modul ini, peserta didik mengetahui:

a.   Penggunaan jenis teks dsekripsi dalam kehidupan sehari-hari

b.   Dalam pekerjaan, teks deskripsi bermanfaat.

c.   Teks deskripsi digunakan untuk menjelaskan ciri-ciri fisik orang, benda dan tempat

 III.  PERTANYAAN PEMANTIK

·       What do you see in the picture?

·       Who is your favorite place?

·       What do you like from the place?

·       Can you describe (with 3 words) your favorite place?

 

 IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Alokasi Waktu

Konten Pembelajaran

A.    Kegiatan Pendahuluan

Kegiatan Pendahuluan

25 Menit

 

1.     Guru masuk kelas tepat waktu dan mengucapkan salam untuk menumbuhkan karakter disiplin dan religious.

2.     Guru menanyakan kondisi peserta didik hari ini. (KSE-Kesadaran Diri)

3.     Guru meminta perwakilan siswa untuk memimpin doa saat pembelajaran akan dimulai. Untuk menumbuhkan karakter religius.

4.     Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk memperhatikan kebersihan kelas sebelum memulai pembelajaran untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan.

5.     Guru mengisi agenda kelas dan mengabsen peserta didik untuk penumbuhan karakter disiplin dan karakter peduli sosial.

Apersepsi

 

6.     Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pengalamannya sebagai bekal pelajaran berikutnya.

7.     Guru memberikan informasi mengenai kompetensi, materi, tujuan pembelajaran.

8.     Guru memberikan icebreaking yang relevan dengan materi sebelum pelajaran inti dimulai.

B.    Kegiatan Inti

Kegiatan Inti

60 Menit

 

PEMBELAJARAN DIFERENSIASI (KONTEN)

Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman peserta didik

1.     Memberikan pertanyaan pemantik berdasarkan gambar

·       What do you see in the picture?

·       Where is this place?

·       What do you like from this place?

2.     Guru memastikan peserta didik memahami tujuan dari pembelajaran

3.     Guru kemudian menyampaikan pengantar materi tentang Descriptive Text melalui presentasi dan membagikan video materi untuk dipelajari:

https://www.youtube.com/watch?v=Fdl8WLeTy3o

4.     Guru meminta tanggapan dari peserta didik atas video yang baru disimak.

5.     Selanjutnya, guru menjelaskan lebih lanjut apa yang seharusnya dibahas di dalam teks deskripsi

6.     Dalam memperluas kosakata, lewat Flashcard dari Quizziz dan latihan menggunakan metode Think-Pair-Share, peserta didik diharapkan dapat memperluas kosakata bahasa Inggrisnya.

7.     Peserta didik melakukan kuis agar memperkuat memori dari kosakata yang baru dipelajari. Pertama lewat kuis dari Quizziz, kedua lewat soal-soal latihan yang sudah dicetak lembaran.

8.     Lalu, guru memberikan latihan ringan sebagai pemanasan sebelum memasuki tugas inti.

9.     Setelah itu, guru memberikan contoh video yang mendeskripsikan suatu tempat dalam bentuk vlog. Dalam keseharian, deskriptif teks bisa dalam media apapun termasuk vlog.

10.  Peserta didik diminta untuk berkelompok berdasarkan minat atau jenis tempat kesukaan mereka untuk mengerjakan tugas presentasi

11.  Peserta didik menyusun kalimat berdasarkan pola kalimat sesuai sesuai fungsi sosial, struktur dan ciri-ciri kebahasaan.

12.  Peserta didik mempresentasikan hasil dari teks yang sudah di susun.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

 

1.     Siswa didampingi guru membuat kesimpulan atas pembelajaran hari ini.

2.     Guru meminta kepada siswa untuk menyampaikan refleksi, salah satunya meminta siswa secara subjektif menyatakan apa manfaat terkait pembelajaran hari ini.

3.     Guru memberikan apresiasi kepada seluruh siswa atas pembelajaran yang telah dilakukan.

4.     Guru menyampaikan materi untuk pembelajaran berikutnya.

5.     Guru mempersilahkan salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.

 

    











































































V.  ASSESMENT

 

Assesment Non Kognitif

1.     Apakah materi yang didiskusikan sudah cukup jelas?

2.     Bagaimana pendapatmu tentang materi ini?

3.     Bisakah kamu menjelaskan struktur teks, tujuan, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif?

Assesment Kognitif

LKPD (Terlampir)

Assesment Formatif

Menulis (Unjuk Kerja Penilaian)

Assesment Sumatif

Penilaian Akhir Semester

 

VI.  PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan

Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah melampaui Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) berupa penambahan bacaan ataupun video dari jenis teks serupa untuk  memperkaya pengetahuan.

 

Remedial

Remedial diberikan kepada siswa yang belum melampaui Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) berupa pembelajaran ulang dan/atau asesmen ulang.

 

B.    BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

 

DESCRIPTIVE TEXT

Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text adalah salah satu jenis text dalam Bahasa Inggris yang menggambarkan dengan jelas sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan mau pun benda mati. Tujuan dari teks ini adalah memberikan informasi dengan jelas mengenai objek yang digambarkan kepada pembaca.

 

Fitur Kebahasaan Descriptive Text

         Menggunakan Simple Present Tense

Teks ini menggunakan Simple Present Tense karena kita akan mendiskripsikan fakta- fakta yang melekat pada suatu objek, dan salah fungsi dari Simple Present Tense sendiri adalah untuk menunjukkan suatu fakta atau kebenaran. Misalkan kamu ingin mendeskripsikan mengenai tempat tidur kamu, kamu bisa menggunakan kalimat:

The color of my bedroom is blue.

 

         Menggunakan banyak kata sifat (adjective).

Karena fungsi dari teks ini adalah untuk memberikan informasi denganmenggambarkan suatu objek yang dideskripsikan, maka dalam Descriptive Text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective). Contohnya adalah big, small, colorful, dan lain  sebagainya.

 

         Menggunakan kata kerja penghubung (relating verb).

Relating verb adalah kata kerja yang memberikan penjelasan kepada kata benda yang menjadi subjek dari suatu kalimat. Contohnya: is, have, seem, appear, dan kata kerja lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

English Exercises [High School Level]

Self-Journaling: Dalam Diskusi Menciptakan Negara Baru