Kenapa Sih Harus Belajar Bahasa Jepang?

Halo, minasan! Kali ini ini kita akan membahas secara deskriptif mengenai alasan-alasan sebelum memulai bahasa Jepang. Disimak baik-baik, ya!

Sebelum memulai pertanyaan "Kenapa sih harus belajar bahasa Jepang?", kamu juga perlu mengetahui bahwa belajar bahasa itu tidaklah sia-sia. Mengasah kepekaan dalam berbahasa akan meningkatkan level literasi kamu. Selain memperluas peluang, kamu akan memiliki wawasan dan relasi yang lebih luas lagi entah itu dari komunitas, organisasi dan lain-lain.

Bagaimana sih biar bisa berbahasa Jepang? Secara klasik, jawabanya yang pertama adalah niat yang kuat juga diiringi dengan minat di ranah budaya Jepangnya juga. Jadi, cari dulu motivasimu terkait pembelajaran bahasa Jepang. Jika kamu tidak menemukan minat dalam bahasa Jepang, belajar secara paksa hanya akan membawa kamu ke pada kejenuhan saja.

Namun, jika memang ada kurikulum dalam sekolah yang secara tidak langsung memaksamu untuk mempelajarinya, maka kamu termasuk orang yang beruntung karena memiliki koneksi dan wadah untuk belajar bahasa Jepang, walau minimal mempelajari dasarnya saja jika kamu memang benar-benar tidak memiliki niat belajar bahasa Jepang.

___________________________________________

 

Kenapa harus repot-repot belajar bahasa Jepang?

Negeri matahari terbit ini memang sangat memiliki pesona yang luar biasa bagi rakyat Indonesia, terlepas dari masa lalu yang menyakitkan seperti:

- Warisan budaya dan sejarah multimilenial

- Budaya gastronomi yang sangat kaya

- Seni artistik yang kuat

- Industri yang meluas

- Sektor pariwisata yang tak terelakkan

- Pandangan unik tentang nilai kehidupan

- Kontras yang seimbang antara kehidupan modern dan tradisional

- Letak geografis yang sangat menakjubkan

Untuk menjawab pertanyaan di atas maka jawaban di bawah ini akan membantu kamu:

1. Jepang memiliki perekonomian terbesar ketiga di dunia

Jepang adalah negara yang makmur dan unik. Perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Sony, Toshiba, Sanyo, Casio, Canon, Minolta, Mitsubishi, Toyota, Honda, dan lainnya terbukti telah menyusup ke pasar dunia di berbagai sektor sehingga membuka kesempatan yang luas bagi kita untuk bekerja sama dengan mereka.


2. Menjadi contoh perilaku yang baik

Dalam hal ini, Jepang telah memiliki perilaku yang patut ditiru seperti menjunjung tinggi kesopanan, semangat kerja yang tinggi, inovatif dan kreatif. Mengaktualisasikan diri pada pencapaian adalah salah satu visi negara mereka sehingga tak heran menjadi negara yang maju.

Jika kalian hidup di lingkungan yang kompetitif, membutuhkan potensi yang unik, maka belajar bahasa Jepang menjadi salah satu solusi terbaik untuk memperluas peluang untuk mencari kerja. Jika kalian hidup dalam lingkungan yang artistik, maka Jepang menjadi salah satu referensi negeri yang penuh dengan karya seni.

Apalagi, banyak sekali budaya Jepang yang begitu kental seperti manga dan anime yang masuk ke Indonesia untuk dipelajari. Sedikit banyaknya, kita bisa belajar dari karakter di dalamnya seperti Pokemon, Doraemon, One Piece, Naruto adalah contoh budaya Jepang yang disulap menjadi hiburan bagi rakyat Indonesia.

Bahasa Jepang terbilang cukup mudah dipelajari di dasar-dasar materi seperti mempelajari dan menghapal Hiragana dan Katakana, percakapan dasar yang cukup penting untuk dilewatkan, hingga kosakata yang terbilang sangat unik.


Mau latihan huruf Hiragana? Klik di sini!

Comments

Popular posts from this blog

Pacaran Meningkatkan Semangat Belajar?

Simple Past Tense Exercise