I am not religious, I am spiritually religious



"I am not religious, I am spiritually religious"

Meski tidak saling bertentangan, keduanya juga tidak sama. Agama adalah seperangkat pribadi atau sistem yang dilembagakan dari sikap, keyakinan, dan praktik keagamaan; pelayanan dan pemujaan kepada Tuhan atau yang supernatural. Sementara, spiritual adalah, di sisi lain, berkonotasi dengan pengalaman koneksi ke sesuatu yang lebih besar dari kita. Agama sering berkaitan dengan pengalaman objektif seperti rumah ibadah, kitab, ritual. Sedangkan spiritualitas berkaitan dengan praktik eksternal dan keilahian yang lebih dalam.

Di Indonesia, seiring zaman pun istilah ini bergeser seperti, "Jangan cuma beragama, tapi perlu juga spiritual." karena konsep agama biasanya meliputi dosa, penghakiman ilahi, murka Tuhan, atau ganjaran yang kekal. Namun, pembawaan spiritualitas, sebaliknya, biasanya membuang sisa-sisa ketakutan dan kekhawatiran demi pendekatan yang lebih penuh kasih dan welas asih dalam hidup — dan mati. 

Jadi, inilah pentingnya menjaga keseimbangan antara agama dan spiritualitas. Apa dampaknya jika salah satunya saja yang dominan? Sebagai contoh masyarakat Indonesia, yang lebih sering memprioritaskan agama dibanding spiritualitas. Mereka merasa dominan, superior dan mengancam kepada orang-orang yang memiliki kepercayaan yang berbeda.

Menjadi beragama sekaligus spiritual bukan juga karena haus disebut toleran, tapi sebuah keharusan. Mempelajari adab dan akhlak dalam Islam, contohnya, termasuk dalam kategori spiritualitas Islam. Mengedepankan empati dan kasih, menemukan makna hidup dalam membangun hubungan yang selaras dengan Tuhan dan sesama dan sebagainya, sehingga belajar beragama bukan membuat hati lantas menjadi keras, sombong dan merendahkan, tetapi lembut, rendah hati dan menebar manfaat.

Kita sudahlah hidup di era seluler pintar dan manusia bodoh, jangan pula ditambah dengan jurang pemisah antara agama dan spiritualitas.

Referensi bacaan:
1. http://abuddin.lec.uinjkt.ac.id/articles/peran-mental-spiritual-islami-dalam-kehidupan
2. https://www.kompasiana.com/danieliqbal/5d6c498e0d823068bd5182a3/periode-spiritualitas-dalam-islam?page=all
3. https://chopra.com/articles/religion-vs-spirituality-the-difference-between-them

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pacaran Meningkatkan Semangat Belajar?

Simple Past Tense Exercise