Chapter 5: How to Write Descriptive Text?

Sebelum melanjutkan untuk membaca artikel di bawah, baca dulu materi dasar dari Descriptive Text di sini

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Descriptive Text yang sudah dipelajari di bab sebelumnya telah membuka sudut pandang baru buat kalian tentunya. Mulai dari definisi, struktur umum, fitur bahasa dan contoh. Di pembahasan kali ini, kita akan belajar membuat teks deskriptif. Membuat kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf.  

A. Pilih Satu Subjek

Sebagai pembelajar awal deskriptif teks, topik yang akan kamu pilih haruslah sederhana, yang kamu sangat sukai, dan tentunya yang membuat kamu bersemangat untuk menulisnya.

Teks deskriptif biasanya akan berfokus pada satu peristiwa, seseorang, lokasi, atau hal-hal lain. Saat kamu menulis teks ini, tugas kamu adalah menyampaikan ide tentang topik tersebut melalui deskripsi. Kamu perlu menunjukkan kepada pembaca (bukan memberi tahu mereka) apa yang kamu coba gambarkan.

Tulisan kamu perlu disusun agar lebih masuk akal. Jika kamu mendeskripsikan suatu peristiwa, kamu perlu menulis paragraf dalam urutan yang kronologis. Jika kamu menulis tentang seseorang atau tempat, kamu perlu mengurutkan paragraf sehingga kamu memulai secara umum dan kemudian menulis detail yang lebih spesifik nanti.

B. Eksplorasi Topikmu

Setelah kamu memilih topik, di sini sebenarnya petualangan kamu dimulai seperti 
a. Mempelajari detailnya.
b. Meluangkan waktu untuk memeriksa tiap paragraf.
c. Mempelajari dari setiap sudut yang memungkinkan, dimulai dengan panca indera: Seperti apa rupanya, suaranya, baunya, rasanya, dan rasa dari objek itu? Apa ada ingatan kamu yang berhubungan dengan objek tersebut?

C. Edit dan Koreksi Paragrafmu
Proses penulisan belum selesai sampai paragraf kamu sudah diedit dan dikoreksi. Minta temanmu atau guru untuk membaca paragrafmu dan memberikan umpan balik. Nilailah apakah paragrafmu dengan jelas menyampaikan pesan yang ingin kamu ungkapkan. Baca paragraf kamu dengan lantang untuk memeriksa frasa yang canggung atau kalimat yang rumit. Terakhir, lihat daftar periksa proofreading untuk memastikan bahwa paragraf kamu bebas dari kesalahan kecil.

D. Tips Bagi Pemula

1. Selalu sederhanakan topik dan kalimat.

2. Hindari bentuk kalimat yang sulit.

3. Stop menerjemahkan di Google Translate! Kamu akan kehilangan kesempatan untuk belajar.

4. Gunakan peta pikiran (mindmap) untuk mempermudah proses menulis.

5. Gunakan referensi untuk memperkaya tulisan. Referensi ya! Bukan plagiat.


E. Contoh Proses Menulis

Di bawah ini adalah poin-poin yang harus kamu lewati.

1. Misal, kamu ingin menulis tentang seseorang. Tentukan siapa. Seseorang yang kamu sayangi? Yang kamu benci? Idola? Orang tua? Guru? Teman?

2. Deskripsikan mulai dari penampilan fisiknya:

        a. Wajahnya seperti apa?

        b. Tubuhnya. Apakah tinggi? Pendek? Gemuk? Kurus?

        c. Adakah bagian tubuh yang unik? Misal, memiliki rambut yang lucu, lesung pipit, jari yang besar, dan sebagainya.

3. Deskripsikan karakternya. Apakah dia baik? Jahat? Pelit? Dermawan? Disiplin? Malas?

4. Tambahkan hobinya. Makanan dan minuman kesukaannya. Favorit musiknya, filmnya, bukunya, dan lain-lain.

5. Hal apa yang membuat kamu menyukainya atau tidak menyukainya?


Jika sudah, lihat contoh teks di bawah:

Amanda



I have a close friend. She is Amanda. She comes from the United States and lives in New York with her family.

She is beautiful, attractive, and trendy. She always wants to be a trendsetter of the day. She always pays much attention to her appearance.

Her new blowfish women’s shoes are wonderful. When she is walking with those shoes, all her friends, including me watch and admire that she has the most suitable shoes on her physical appearance. The style, bright color, and brand represent her as a smart woman of the day. She really has a perfect appearance.

She loves taking pictures a lot so that sometimes I go with her to hunt beautiful places. She is not arrogant every time people greet her. She is friendly and cheerful. Her most favorite food is pizza and donut, while she is into coffee very much. She doesn't like reading books a lot, so she likes to watch Netflix on the weekend with her family.

I like her because she is sociable and kind to other people.

Source:

www.grammarcheck.net

https://www.thoughtco.com/

Comments

Popular posts from this blog

Pacaran Meningkatkan Semangat Belajar?

Simple Past Tense Exercise