Chapter 7: Making An Appointment

What’s up, Guys! Kali ini kita akan mempelajari Making an Appointment dalam Bahasa Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dengan kegiatan seperti membuat janji untuk bertemu dengan seseorang. Nah, membuat sebuah perjanjian dalam Bahasa Inggris juga memiliki beberapa kalimat yang sering digunakan, salah satunya adalah appointment. Kuy, langsung aja kita simak bagaimana ungkapannya dalam bahasa inggris.





A. Making an Appointment 
Berikut ini adalah ungkapan umum yang hapir sering digunakan dalam making appointment.

· Let's meet at... (Ayo bertemu di…) 

· Can I meet...? (Bisakah aku bertemu...?) 

· Would you like to do it today? (Maukah kamu melakukannya hari ini?) 

· Are you free on Sunday? (Apakah kamu tidak ada acara di hari minggu?) 

· Let’s meet in...? (Ayo bertemu di...?) 

· Can we meet at...? (Bisakah kita bertemu di...?) 

· How about tomorrow morning? (Bagaimana kalau besok pagi?) 

· Are you available on...? (Apakah kamu ada pada...?) 

· I’d like to make an appointment with... (Aku mau membuat janji dengan...) 

· I want to make an appointment to see... (Aku ingin membuat janji untuk bertemu...) 

· I promise I will be back soon. 

· When can I talk to you? 

· Is next Monday convenient for you? 


B. Accepting an Appointment 

Bagaimana cara meresponsnya? Kalau kalian mau menerima janji atau berjanji akan menepati janji kalian, maka ungkapan di bawah ini hampir sering digunakan dalam bahasa inggris. 

· Yes, obviously (Ya, tentu saja) 

· Alright, I’ll come (Baiklah, aku akan datang) 

· Okay, see you there. (Baiklah, sampai jumpa di sana). 

· Sure, I am coming (Tentu saja aku datang) 

· Sure. I’ll come. (Tentu aku akan datang) 

· I’ll be there at that time. (Aku akan disana pada waktunya) 

· Monday would be perfect! (Hari senin pas banget tuh!) 

· I will wait for you there. (Saya akan menunggumu di sana). 

· It’ll be a nice meeting for me. (Itu akan menjadi pertemuan yang menyenangkan untukku) 

· I think it is fine on Sunday. (Sepertinya tidak mengapa di hari Minggu) 

· Good idea. We could meet on Monday or Tuesday. Which day would you prefer? (Ide bagus. Kita bisa bertemu di hari Senin atau Selasa. Mau hari apa?) 

· Yes, I agree. We will make sure everything is well-prepared! (Ya, aku setuju. Kita akan pastikan semuanya siap)  


C. Declining an Appointment 

Kalian juga punya hak untuk menolak sebuah janji kan? Nah, kalau kalian mau menolak sebuah janji pertemuan dari seseorang entah karena kalian mungkin ada acara lain, atau hal lainnya, kalian bisa menggunakan kalimat dibawah ini untuk menolaknya. 

· I can’t come (Saya tidak bisa datang) 

· I’m sorry. I can’t come. (Maaf aku tidak bisa datang) 

· Sorry, I think I can't. (Maaf, sepertinya aku tidak bisa) 

· Sorry, may be next time. (Maaf mungkin lain kali) 

· I don’t think I can make it. (Sepertinya aku takkan bisa) 

· I’m very sorry, I don’t think I can go. (Maafkan aku, sepertinya aku tidak bisa pergi) 

· Sorry. I don’t think I can make it. (Maaf. Sepertinya aku pikir tidak bisa.) 

· Sorry, due to the inconvenient situation, our appointment will be called off. (Maaf, karena situasi yang tidak nyaman, pertemuan kita ditunda) 

· Thank you, but I can’t. (Terimakasih, tapi aku tidak bisa) 

· I do apologize for cancelling our meeting because I have another agenda at that time. (Saya sungguh minta maaf membatalkan pertemuan kita karena saya punya agenda lain. 

· Sorry. I think I have another appointment at that time. (Maaf, sepertinya aku punya janji lain pada waktu itu) 

· Due to an unexpected situation, I need to cancel our meeting on Friday. (Karena situasi yang di luar dugaan, saya perlu membatalkan pertemuan kita di hari Jumat.  




D. Contoh Dialog Making an Appointment 


Example 1 

Receptionist: Hello, this is Midtown Medical Centre. 

Sara: Hello. I’d like to make an appointment to see the doctor, please. 

Receptionist: Have you been here before? 

Sara: No, I haven’t. 

Receptionist: Ok. Can I have your name, please? 

Sara: It’s Sara Jones. 

Receptionist: I have an opening at 2:30 this afternoon. Is that ok? 

Sara: Yes, that’s fine. 

Receptionist: We’ll see you soon. 

Sara: Thank you. Goodbye. 



Example 2 

Receptionist: Good morning, Hair Design. 

Kate: Can I make an appointment with Michelle, please? 

Receptionist: Is it for a hair cut? 

Kate: Yes. 

Receptionist: When do you want to come in? 

Kate: Do you have something on Saturday afternoon? 

Receptionist: Yes, is 4pm ok? 

Kate: Yes, that’s fine. 

Receptionist: What’s you name, please? 

Kate: It’s Kate Smith. 

Receptionist: Ok Kate, we’ll see you at 4pm on Saturday. 

Kate: Thanks. Bye. 





Do you know the elements of good writing? Check this out!

Comments

Popular posts from this blog

Pacaran Meningkatkan Semangat Belajar?

Simple Past Tense Exercise